Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Guru SD di Kabupaten Wonosobo (Indonesian Language Errors in Academic Writings Performed by Teachers of Elementary Schools in Wonosobo Regency)

Suryo Handono

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam karya tulis guru SD di Kabupaten Wonosobo. Desain penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dari lima puluh karya tulis guru pada Februari—Maret 2021. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam karya-karya tersebut terdapat kesalahan ejaan, bentuk dan pilihan kata, kalimat, serta paragraf. Kesalahan ejaan terdiri atas penggunaan huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Kesalahan bentuk dan pilihan kata terdiri atas pemakaian bentuk tidak baku, bentuk dasar yang keliru, serta ketaktepatan dan ketakcermatan penggunaan kata untuk melambangkan konsep pikiran. Kesalahan kalimat terdiri atas ketaklugasan, ketaktepatan, ketakjelasan, ketakhematan, dan ketaksejajaran kalimat. Kemudian, kesalahan paragraf terdiri atas ketaksatuan, ketakpaduan, ketaklengkapan, dan ketakruntutan paragraf.

 

This article discusses Indonesian errors in academic writings performed by teachers of elementary schools in Wonosobo Regency, Indonesia. This is a qualitative research. Data were collected using the documentation technique from fifty teachers' papers in February—March 2021. The results of the analysis show that in these works there are errors in spelling, form and choice of words, sentences, and paragraphs. Spelling errors consist of using letters, writing words, using punctuation marks, and writing absorption elements. Misformations and word choice consist of the use of nonstandard forms, wrong basic forms, and inaccuracies and inaccuracies in the use of words to symbolize thought concepts. Sentence errors consist of ambiguity, inaccuracy, ambiguity, inaccuracy, and misalignment of sentences. Then, paragraph errors consist of incompleteness, incoherence, incompleteness, and unorganized paragraph.


Keywords


kesalahan, penggunaan bahasa, karya tulis guru

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. dkk. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Ayudia, Suryanto, E., dan Waluyo, B. (2016). "Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP". Basastra, 4 (1), 34–49. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/9972/7357

Darwati, E., dan Fitriani, Y. (2019). "Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMA". Pembahsi, 9 (1), 75–83. https://doi.org/10.31851/Pembahsi.v9i1.4237

Erdogan, V. (2005). "Contribution of Error Analysis to Foreign Language Teaching". Mersin University Journal of the Faculty of Education, 1 (2), 261–270. https://doi.org/10.17860/efd.22900

Hasyim, S. (2002). "Error Analysis in the Teaching of English". Kata, 4 (1), 42–50. https://doi.org/10.9744/kata.4.1.62-74.

Istiqamah dan Nurhadi. (2017). "Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa KNB Tahun Akademik 2013/2014 di UNY". LingTera, 4 (1), 71–80. https://doi.org/10.21831/lt.v4i1.13631

Javed, M., Juan, W. X., dan Nazli, S. (2013). "A Study of Students’ Assessment in Writing Skills of the English Language". International Journal of Instruction, 6 (2), 129–144. https://eric.ed.gov/?id=ED544075

Krippendorff, K. (1993). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi (2nd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Krjogja.com. (2019). "Kemampuan dan Kemahiran Berbahasa Indonesia Guru Masih Rendah". https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/kemampuan-dan-kemahiran-berbahasa-indonesia-guru-masih-rendah.

Mustakim. (2016). Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan.

Sasangka, S.S.T.W. (2016). Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan.

Sriyanto. (2016). Ejaan. Jakarta: Pusat Pembinaan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suladi. (2016). Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan.

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Tim Penyusun Kamus. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.




DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v18i1.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jalabahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JALABAHASA INDEXED BY:

 

 

________________________________________________________________________________________________________

@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Jalan Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon 024-76744357, 76744356; Faksimile 024-76744358; Pos-el jalabahasa.bbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.