Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi (Constraints and Solutions in the Implementation of Online Lesson in Higher Education)

Singgih Adi Nugroho, Anggita Febriana Wati, Firstya Evi Dianastiti

Abstract


Pembelajaran daring menjadi alternatif pembelajaran yang diterapkan akibat adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan memaparkan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tidar beserta solusi yang dapat diterapkan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode angket dari Google dengan responden berjumlah 85 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 84 mahasiswa yang memiliki kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring. Hal ini merepresentasikan bahwa hampir seluruh mahasiswa mengalami kendala. Oleh karena itu, diperlukan pembenahan di beberapa aspek agar kendala dapat diminimalisasi. Pada aspek pemberian materi, dosen diharapkan memberikan penjelasan secara terperinci menggunakan video ataupun pesan suara. Pada aspek waktu, dosen diharapkan memberikan toleransi waktu kepada mahasiswa dalam mengerjakan serta mengumpulkan tugas. Pada aspek metode, mahasiswa menghendaki lebih banyak menggunakan metode diskusi, presentasi, serta penugasan.

Online learning is an alternative learning that is implemented due to the Covid-19 pandemic. This study aims to describe constraints in implementing online learning of FKIP Indonesian Language and Literature Education Study Program students at Tidar University along with applicable solutions. The research method uses quantitative descriptive methods. The research data were collected using a questionnaire method from Google Form with 85 students as respondents. The results showed 84 students have obstacles in implementing online learning. This represented that almost all students experienced problems. So, improvement is needed in several aspects so that obstacles can be minimized. In the aspect of providing material, lecturers are expected to provide detailed explanations using video or voice messages. In the aspect of time, lecturers are expected to give time tolerance to students in working on and collecting assignments. In the aspect of methods, students want to use more methods of discussion, presentation, and assignments.


Keywords


kendala, solusi, pembelajaran daring, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Y., F. Abdurrachman, J. Mujiyanto, dan D.A.L. Bharati. 2019. "Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, ISSN: 2686—6404.

Arnesti, N. dan A. Hamid. 2015. "Penggunaan Media Pembelajaran Online–Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris". Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2 (1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284.

Assidik, Gallant Karunia. 2018. "Integrasi Sistem Kelas Maya pada Pembelajaran MKDU Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Surakarta". Prosiding Semnas KBSP V, ISSN 2621—1661.

Darmalaksana, W., R. Hambali, A.Masrur, dan Muhlas. 2020. "Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21". Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1—12.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital, Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.

Khusniyah, Nurul Lailatul dan Lukman Hakim. 2019. "Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris". Jurnal Tatsqif, Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17, No. 1, Juni 2019, e-ISSN 2503—4510, Doi: https://doi.org/10.20414/jtg.v17i1.667.

Kuntarto, E. 2017. "Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi". Journal Indonesian Language Education and Literature, 3 (1), 99–110. Doi: http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzirin, dan Lina Sayekti. 2019. "Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id)". Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 (2019): 151—160. Doi: http://dx.doi.org/10/21580/wjit.2019.1.2.4067.

Oktavian, Riskey dan Riantina Fitra Aldya. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0". Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 20 No.2 Tahun 2020. E-ISSN 2614—0578, hlm. 129—135.

Yanti, M. T., E. Kuntarto, dan A. R. Kurniawan. 2020. "Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar". Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1), 61—68.




DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v16i2.700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JALABAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JALABAHASA INDEXED BY:

 

 

________________________________________________________________________________________________________

@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Jalan Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon 024-76744357, 76744356; Faksimile 024-76744358; Pos-el jalabahasa.bbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.