Pilihan Kode dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar di Jawa Tengah (Code Choices in Teaching and Learning Activities in Elementary Schools in Jawa Tengah)

Suryo Handono

Abstract


Kegiatan belajar mengajar dengan berbagai topik memunculkan variasi penggunaan bahasa pengantar. Penggunaan bahasa itu belum terungkap secara empiris. Tulisan ini mendeskripsikan bahasa pengantar di sekolah dasar di Jawa Tengah, variasi, pola pemakaian, dan faktor-faktor yang menentukan penggunaannya. Penyediaan data menggunakan metode pengamatan langsung dengan teknik simak. Melalui analisis sosiolinguistik diperoleh hasil bahwa bahasa yang digunakan terdiri atas bahasa Indonesia dengan ragam formal dan nonformal, serta bahasa Jawa. Variasinya berwujud tunggal bahasa, alih kode, dan campur kode. Pola penggunaannya bersumber pada bahasa Indonesia yang kemudian dilakukan alih kode dan campur kode dengan bahasa Jawa, Inggris, atau Arab. Faktor yang menentukan penggunaannya adalah ketepatan, kemantaban, dan kenyamanan; pemahaman murid; peningkatan kemampuan berbahasa murid; dan pengenalan istilah dalam bahasa aslinya.

 

Teaching and learning activities with various topics bring up variations in the use of the language of instruction. The use of language has not been revealed empirically. This paper describes the language of instruction in the form of code choice performed by teachers of elementary schools in Jawa Tengah, variations, usage patterns, and factorsfor the choice. Data were collected by using the method of direct observation with refer to technique. Through sociolinguistic analysis, it was found that there are there major codes to choose, i.e. formal Indonesian, nonformal Indonesian, and Javanese. The variations were single code, code switching, and code mixing. The pattern of its used originates in Indonesian, which then switched or mixed to or with Javanese, English or Arabic. The factors determining the choices were accuracy, stability, and convenience; students understanding; improvement of students language skills; and the introduction of terms in the original language.


Keywords


pilihan kode, kegiatan belajar mengajar, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fasold, R. 1984. The Sociolinguistics of Society. Oxford: Basil Blackwell.

Fishman, J.A. 1976. The Sociology of Language. Rowley. Mass: Newbury House.

Handono, Suryo. 2013. Pilihan Bahasa Masyarakat Dwibahasa Jawa-Indonesia pada Ranah Sekolah Menengah Atas Kota Semarang. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Holmes, Janet. 1992. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Longman.

Hudson, R.A. 1996. Sociolinguistics (Second Edition). Cambridge: Cambridge University Press.

Hymes, D. 1974. Foundations in Sociolinguistics: An Etnographic Approach. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Kartomihardjo, Soeseno. 1981. Ethnography of Communicative Code in East Java. Disertasi, Pasific Linguistics, series D, No. 39, The Australian National University, Canberra.

Kridalaksana, Harimurti, 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Labov, W. 1972. Sociolinguistic Patterns. Philadelphia: University of Pennsylvania Press.

Nababan, P.W.J. 1984. Laporan Penelitian Survei Kedwibahasaan di Indonesia: Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Ohoiwutun, Paul. 1997. Sosiolinguistik: Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta: Visipro.

Poedjosoedarmo, Soepomo. 1985. “Komponen Tutur” dalam Soenjono Dardjowidjojo, Perkembangan Linguistik Indonesia. Jakarta: Penerbit Arcan.

Rahardi, R. Kunjana. 2001. Sosiolinguistik, Kode, dan Alih Kode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhman, Fathur. 2005. “Pilihan Bahasa Sebagai Kendali Status dan Keakraban dalam Masyarakat Diglosik: Kajian Sosiolinguistik di Banyumas”. dalam Linguistik Indonesia. Tahun ke-23, Nomor 1, Februari 2005.

Rokhman, Fathur et al. 2005. “Signifikansi Sosiokultural Pemilihan Kode Komunikatif dalam Interaksi Sosial Masyarakat Perbatasan Jawa-Sunda di Cilacap: Kajian Sosiolinguistik”. Laporan Penelitian. Semarang: Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Semarang.

Sudaryanto, 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Surakhmad, Winarno. 1980. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Penerbit Tarsito.

Suwito. 1985. Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset.

Wardhaugh, Ronald. 1986. An Introduction to Sociolinguistics. Oxford: Basil Blackwell.

Wojowasito, S. 1981. “Fungsi dan Kedudukan Bahasa Daerah” dalam Aran Halim (ed). Politik Bahasa Nasional, Jilid II. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v16i2.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JALABAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JALABAHASA INDEXED BY:

 

 

________________________________________________________________________________________________________

@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Jalan Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon 024-76744357, 76744356; Faksimile 024-76744358; Pos-el jalabahasa.bbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.