https://buero-paris.com/ https://sunmpo.com/ Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 | Ibda | Jalabahasa

Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Hamidulloh Ibda

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini membahas pembelajaran Bahasa Indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0. Tantangan era ini sangat kompleks yang mengharuskan perguruan tinggi mengimplementasikan literasi baru (literasi data, literasi teknologi, literasi manusia) yang menjadi pelengkap literasi lama (membaca, menulis, berhitung). Artikel menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia berwawasan literasi baru. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi berwawasan literasi baru sangat strategis menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0. Implementasi literasi bisa dilakukan dengan penguatan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Selain meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi kebahasaan, literasi baru meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara berbasis data dan teknologi. Literasi baru menjadi ruh mahasiswa dalam menulis karya jurnalistik, karya ilmiah, dan karya sastra. Implementasi literasi baru sangat ditentukan dosen Bahasa Indonesia yang harus memiliki kompetensi digital, menciptakan pembelajaran kreatif dan berpikir kritis, serta berbasis online.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Literasi Baru, Perguruan Tinggi, Revolusi Industri 4.0

 

ABSTRACT

This article discusses the learning of new literacy-oriented Indonesian Language in universities in answering the challenges of the fourth industrial revolution era. The challenge of this era is very complex which requires universities to implement new literacy (data literacy, technology literacy, human literacy) which complement old literacy (reading, writing, counting). The article uses a descriptive qualitative approach with this literature study method aimed at describing new literacy-oriented Indonesian language learning. The results of the study show that Indonesian language learning in new literacy-oriented universities is very strategic in responding to the challenges of the fourth industrial revolution. Literacy implementation can be done by strengthening data literacy, technology literacy, and human literacy. In addition to improving students’ understanding of linguistic material, new literacy improves data and technology-based writing and speaking skills. Literacy has only become the spirit of students in writing journalistic works, scientific works, and literary works. The implementation of new literacy is very much determined by Indonesian language lecturers who must have digital competence, create creative learning and critical thinking, and online-based.

Keyword: Indonesian Language, New Literacy, University, Fourth Industrial Revolution.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). (D. M. Wijayanti, Ed.) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ake Wihadanto. (2017). “Entepreneurleadership di Era Revolusi Industri 4.0.†In Upacara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2017/2018. Jakarta: Universitas Terbuka.

Alek, A. H. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Substansi Kajian dan Penerapannya. (O. M. Dwiasri, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Astuti, T. W. R. N. I. (2017). “Model Pengajaran Bahasa Indonesia berbasis Komputasi.†Jalabahasa, 13, 181—192. Retrieved from http://www.jurnal.balaibahasajateng.id/index.php/jalabahasa/article/view/86

Dikti, D. (2013). Materi Kuliah Mata Kuliah Bahasa Indonesia (1st ed.). Jakarta: Kemendikbud.

Harto, K. (2018). “Tantangan Dosen PTKI di Era Industri 4.0.†TATSQIF: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16, 1–15. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/159

Hassoubah, Z. I. (2004). Developing Creative and Critical Thinking Skill (Cara. Berpikir Kreatif dan Kritis) (2nd ed.). Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Heryati, Y. (2015). “Model Program dan Pelaksanaan Perkuliahan MKU Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif-Analitis terhadap Program dan Pelaksanaan Perkuliaham MKU Bahasa Indonesia di Fakultas Sain dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung).†ISTEK, IX.

Hoedi Prasetyo; Wahyudi Sutopo. (2018). “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset.†J@ti Undip, 13(https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/18369). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Ibda, F. A. H. (2018). Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Ibda, H. (2017). “Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar.†SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2, 194–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22515/shahih.v2i2.980

Ibda, H. (2018). “Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.†JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I, 1–21.

Istiati Soetomo (dkk); (1997). Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa (IV). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Moh Zayyadi; Agus Subaidi. (2017). “Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar.†PAEDAGORIA - Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 2, 10–15. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/61

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif (II). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Alfarizqi Nizamuddin Ghiffar; Eliza Nurisma; Cucu Kurniasih; Caraka Putra Bhakti. (2018). “Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.†In Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Anak: Optimalisasi Peran Pendidik dalam Perspektif Hukum. Pangkep: STKIP Andi Matappa.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Emosi dan Kreativitas (1st ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Murtono. (2014). “Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia dalam Menulis Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Melalui Collaborative Writing And Multiple Drafting.†Media Penelitian Pendidikan, 8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v8i1%20juni.711

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian (1st ed.). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngalimun Syahroni; Dwi Wahyu Candra Dewi; Mahmudi. (2013). Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi (1st ed.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noermanzah. (2015). “Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi.†In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015 (pp. 274–284). Bengkulu: Universitas Bengkulu. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/35343320.pdf

Paristiyani Nurwadani. (2018). “Orasi Ilmiah Dies Natalis Ke-25 Fakultas Industri dan Fakultas Informasi dan SAINS.†Unpar.Ac.Id. Retrieved from http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/5583/Orasi Dies FTI dan FTIS 25_2018_Paristiyanti_Strategi Pembelajaran Sains-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Paristiyani Nurwadani, ect. (2016). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi (1st ed.). Jakarta: Kemenristek Dikti.

Ristekdikti. (2018, May). “Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.†Ristekdikti.Go.Ig.

Roysa, M. (2014). “Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Penghela Peradaban Bangsa.†In Subyantoro dan Tommi Yuniawan (Ed.), Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 (p. 35). Semarang: Duta Publishing Indonesia.

Rozak, A. (2018, January). “Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.†Uinjkt.Ac.Id. Retrieved from https://www.uinjkt.ac.id/id/perlunya-literasi-baru-menghadapi-era-revolusi-industri-4-0/

Sodiq Anshori. (2016). “Strategi Pembelajaran di Era Digital (Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital).†In PROSIDING TEMU ILMIAH NASIONAL GURU (TING) VIII (pp. 194–202). Tangerang: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/6491/1/TING2016ST1-18.pdf

Suaramerdeka.com. (2018, January). “Kemristekdikti Siapkan Literasi Baru Pendidikan Tinggi.†Suaramerdeka.Com. Retrieved from https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/62721/kemristekdikti-siapkan-literasi-baru-pendidikan-tinggi

Sudji Siswanto. (2012). “Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Masyarakat Desa Pantai (Survai di Desa Kota Bengkulu, Pangkal Pinang, Jakarta).†JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA, 16, 81–110.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarifudin. (2014). “Information and Communications Technology Literacy.†Jurnal Penelitian Komunikasi, 17, 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.20422/jpk.v17i2.14

Tarigan, H. G. (1981). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (1st ed.). Bandung: Angkasa.

Tobroni, I. S. (2003). Metodologi Penelitian Sosial Agama. (M. F. Rakhmat, Ed.) (1st ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yohanes Enggar Harususilo. (2018, July). “Menristek: Mahasiswa Harus Kuasai Literasi Baru, Apa Saja?†Kompas.Com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2018/07/17/22471971/menristek-mahasiswa-harus-kuasai-literasi-baru-apa-saja




DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JALABAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JALABAHASA INDEXED BY:

 

 

________________________________________________________________________________________________________

@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Jalan Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon 024-76744357, 76744356; Faksimile 024-76744358; Pos-el jalabahasa.bbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.