Get Adobe Flash player

tombolgalerifoto

tdownload

MELAYANI DENGAN HATI SALANJUNG INOVASI >>> BP-PAUD DAN DIKMAS KALIMANTAN SELATAN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN IKATAN PENILIK INDONESIA (IPI) YANG KE 11 >>> MEMBACA >>> MASA LALU, MENULIS MASA DEPAN >>> MELAYANI DENGAN HATI SALANJUNG INOVASI >>>

Kuliner Khas Banjar

warung-kuliner1

Bagi anda berkunjung ke Banjarmasin lalu ingin menikmati berbagai masakan khas Banjar, inilah beberapa lokasi yang  bisa dikunjungi.
- seperti longtong Banjar yang paling dikenal adalah lontong orari terletak di Jalan Pahlawan atau Kampung Melayu Banjarmasin, serta beberapa lokasi lain dipinggir jalan.
- Soto Banjar juga menyebar di mana-mana tetapi paling dikenal adalah Soto Yana Yani Sungai Jingah, atau soto Bang Amat dan soto Bawah Jembatan Banua Anyar. Soto Banjar yang juga enak sambil menikmati di atas sungai berada di tengah Pasar Terapung.
- Makanan karih kambing terkenal adalah warung Mami Pasar Ujung Murung serta beberapa tempat lain.
- Itik Panggang juga menyebar dimana-mana tetapi paling banyak dikunjungi warung Ma Haji pertigaan Jalan Jati.
- Masakan laksa, serabi, lupis, dan kue 41 macam bisa dinikamati di beberapa lokasi pasar ahad Kertak Hanyar.
- Sementara masakan Banjar secara umum, atau paling lengkap ada gangan waluh, sambal acan, papuyu dan haruan baubar, urap iwak bapais, iwak basanga adalah warung Idah Jalan S Parman, Warung Kaganangan dan Cendrawasih di Kertak Baru, warung Sederhana Pelabuhan Trisakti dan beberapa lokasi lainnya.

Masakan dan makanan Tradisional Kalimantan Barat

Masakan dan makanan Tradisional Kalimantan Barat

Kuliner yang bisa kita dapatkan dari daerah ini adalah:

  1. Masakan Asam Pedas di daerah Pontianak
  2. Masakan Bubur Pedas di daerah Sambas
  3. Kerupok basah, merupakan makanan khas Kapuas Hulu
  4. Ale-ale, merupakan makanan khas Ketapang
  5. Pansoh, yaitu masakan daging di dalam bambu pada masyarakat Dayak.
  6. Mie Tiau, merupakan masakan khas Tionghoa Pontianak yang terdapat di kota Pontianak
  7. Nasi Ayam dan Mie Pangsit, merupakan masakan khas penduduk Tionghoa Singkawang dan sekitarnya
  8. Kue Tradisional

Wisata Kuliner di Banjarmasin

lontong orari

LONTONG ORARI
Jl Simpang Sei Mesa Banjarmasin
Telp: 0511-3251491

Dua buah lontong besar berbentuk segitiga "terendam" dalam kuah santan dengan sayur nangka muda menemaninya,bisa ditambahkan goreng ikan haruan, daging ayam bumbu manis dan telur rebus, silakan pilih sesuai selera. Tambahkan sambal yang tersedia di atas meja... jossss!!! Ya itulah hidangan yang tersaji di Lontong Orari, tempat makan legenda di kota Banjarmasin. Untuk satu porsi dengan lauk ikan haruan dan ayam kita perlu merogoh kantong untuk mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000,-. Tapi kalo hanya dengan ikan atau ayam saja, cukup Rp. 19.000,-

 

soto anang

Soto Anang
Jl. A. Yani KM 39, Martapura
 
Kalo biasanya soto banjar hanya menyajikan daging ayam dalam bentuk suwiran, maka di Soto Anang ini diberikan dalam dua jenis yaitu dalam bentuk suwiran juga dalam bentuk potongan utuh. Ayam yang digunakan ayam jantan, jadi terasa banget gurihnya. Potongan telur bebek rebus, bihun, perkedel kentang dan kupat tentunya, menjadi pengisi lainnya selain ayam dalam satu porsi Soto Banjar Special Campur di depot ini. Kuahnya juga yang bikin menu ini terasa special, lezat dengan keharuman khas soto banjar yang kaya rempah, apalagi ditambah dengan kucuran jeruk nipis... Sluruup.. Harga yang ditawarkan untuk seporsi soto banjar berkisar dari Rp.10.000 sampai Rp.25.000. Untuk special campur seperti gambar diatas harganya Rp. 22.000.
 
ketupat kandanganSatu kuliner yang sangat unik saya temukan di Banjarbaru, namanya Ketupat Kandangan. Kandangan sendiri diambil dari nama Kota Kecamatan yang merupakan ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Ketupat dan Dodol Kandangan merupakan kuliner yang cukup terkenal dari kota ini. Jadi apa yang unik dari Ketupat Kandangan ini???
Yang pertama adalah bahan dasarnya. Menggunakan Ikan Haruan (mungkin lebih dikenal dengan ikan gabus) yang dimasak dalam kuah yang mirip dengan opor tapi agak lebih manis. Kita bisa memilih bagian kepala atau badan untuk tiap porsi yang dipesan. Untuk "sumber karbohidrat"nya digunakan ketupat yang tidak "pulen", tapi mudah hancur. Mengapa mudah hancur? Karena, keunikan yang kedua, walaupun berkuah, cara memakan ketupat kandangan ini "seharusnya" tidak menggunakan sendok, tapi tangan saja. Jadi kupat yang mudah hancur tersebut sedikit diremas-remas oleh tangan di dalam kuahnya, sehingga kuahya dengan mudah meresap ke dalam ketupat. Ini yang membuat kita bisa menggunakan tangan untuk memakannya karena kuahnya sudah habis, terserap ke dalam ketupatnya. Unik bukan? Tapi saya sih masih memilih menggunakan sendok untuk menyantapnya
Dan keunikan yang ketiga adalah, jarang saya temui menu ikan berkuah yang dijadikan sajian santap pagi hari. Biasanya kita menemukannya untuk santap siang atau malam. Tapi walau begitu, ternyata menyantap ketupat kandangan ini di pagi hari amatlah nikmat, kita akan mendapati sensasi yang berbeda. Kalo menurut pendapat saya, rasanya perfecto... Dan satu porsi ketupat kandangan ini dapat kita tebus dengan harga sekitar 5000rupiah. Jadi kalo ke daerah Kalimantan Selatan, carilah menu sarapan Ketupat Kandangan di sekitar tempat anda menginap, dijamin tidak akan menyesal Read more:  http://www.banyumurti.net/2008/07/kuliner-58-ketupat-kandangan-banjarbaru.html#ixzz2RohY8OUW

Resep Nasi Kuning

naskunResep Cara Membuat Nasuning

Bahan Nasi Kuning :

800 gram beras yang sudah dicuci bersih kemudian tiriskan
1 liter santan dari 1 butir kelapa

Bumbu Nasi Kuning :

2 sendok mmakan kunyit parut
2 lembar daun salam
2 batang serai, geprek
1 sendok makan air perasan jeruk nipis
Garam dan lada secukupnya.

Cara Membuat Nasi Kuning :

Kukus beras yang telah dicuci bersih hingga setengah matang, sehingga menjadi beras aron.
Didihkan santan, dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis. Setelah mendidih kemudian masukkan nasi aron. Masak nasi di atas api kecil dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya dan agar santan tidak pecah. Lalau beri air jeruk nipis supaya warna kuning lebih cerah.
Setelah santan terserap habis kukus nasi hingga matang.
Angkat dan taburi bawang goreng