Get Adobe Flash player

MELAYANI DENGAN HATI SALANJUNG INOVASI >>> BP-PAUD DAN DIKMAS KALIMANTAN SELATAN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN IKATAN PENILIK INDONESIA (IPI) YANG KE 11 >>> MEMBACA >>> MASA LALU, MENULIS MASA DEPAN >>> MELAYANI DENGAN HATI SALANJUNG INOVASI >>>

Launching Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) Kabupaten Banjar

 

Gernas Baku

MARTAPURA - Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) di launching pertengahan bulan tadi di Kabupaten Banjar. Kegiatan digelar Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Banjar.

Ketua Himpaudi Kabupaten Banjar Hj Nurhayati berharap para orangtua bisa menyempatkan diri membacakan buku untuk anak anaknya. "Agar anak terbiasa dengan buku dan dapat melahirkan dan mendidik untuk menjadi anak yang cerdas, kreatif dan inovatif," katanya. Pada saat ini, imbuhnya, kebanyakan anak-anak itu waktunya dihabiskan duduk di depan TV dan pegang gadget. "Ini yang saat ini jadi perhatian. Untuk itu, mari sama-sama sosialisasikan agar orangtuanya bisa menyempatkan waktu untuk membacakan buku kepada anak-anaknya," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Paud, Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Masyarakat Kabupaten Banjar, Erny Wahdini juga mengajak semua orang, khususnya pelaku pendidikan yaitu guru dan orangtua serta masyarakat untuk mengembalikan kebiasaan-kebiasaan positif anak. Misal orangtua yang mau mendongeng untuk anak. Dengan itu, selain terjalin ikatan emosional antara orangtua dan anak, juga membiasakan agar anak senang membaca buku. "Sehingga membaca buku itu tidak merupakan paksaan tetapi kesenangan anak," terangnya.

Dengan demikian akan menumbuhkan literasi dan menumbuhkan rasa senang belajar."Yang kami ketahui kemampuan literasi anak anak indonesia masih rendah, jadi ini salah satu cara ikut mensukseskan program gerakan nasional membacakan buku untuk anak," pungkasnya.(Fadly SR/A2)

 

Add comment

Security code
Refresh