Get Adobe Flash player

MELAYANI DENGAN HATI SALANJUNG INOVASI >>> BP-PAUD DAN DIKMAS KALIMANTAN SELATAN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN IKATAN PENILIK INDONESIA (IPI) YANG KE 11 >>> MEMBACA >>> MASA LALU, MENULIS MASA DEPAN >>> MELAYANI DENGAN HATI SALANJUNG INOVASI >>>

Orientasi Teknis Pamong Belajar se-Kalimantan Selatan Tahun 2018 “Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Karya Nyata GTK PAUD dan Dikmas”

Banjarbaru, 18/04/2018 - Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Kalimantan Selatan mengadakan kegiatan Orientasi Teknis Pamong Belajar Se- Kalimantan Selatan Tahun 2018, dengan tema “Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Karya Nyata GTK PAUD dan Dikmas”. Orientasi dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 17 sampai 20 April 2018, bertempat di BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Peserta kegiatan Orientasi Teknis Pamong Belajar Se- Kalimantan Selatan Tahun 2018 berjumlah50 orang yang terdiri dari unsur Pamong Belajar BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan dan SPNF SKB se-Kalimantan Selatan.

“Tugas Utama Pamong Belajar antara lain melakukan kegiatan belajar mengajar, pengkajian program, pengembangan model, Pamong Belajar juga dituntut untuk menjadi profesional dalam bidangnya dan mampu mengikuti perkembangan dinamika dari kehidupan masyarakat.

Hal tersebut agar dapat menjamin masyarakat mendapatkan layanan PAUD dan Dikmas yang berkualitas. Kompetensi, Keterampilan, dan Pengetahuan Pamong Belajar harus selalu ditingkatkan guna menjamin dan meningkatkan mutu layanan PAUD dan Dikmas.” ujar Ketua Penyelenggara Orientasi, Bapak Mujiannur, S.Sos., M.Pd.

Dalam Sambutan Pembukaan Kegiatan Orientasi Teknis Pamong Belajar Se- Kalimantan Selatan Tahun 2018, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, Bapak Rony Gunarso, M.M.Pd. menyampaikan bahwa dalam salah satu tugas dan fungsi BP-PAUD dan Dikmas yaitu "Pengembangan Model PAUD Dikmas" berkaitan langsung dengan tugas Pamong Belajar. Beliau berharap nantinya, bukan hanya Pamong Belajar Balai yang saja dapat melakukan Pengembangan Model, tapi dapat dikembangkan juga oleh Pamong Belajar SPNF SKB dalam arti diadaptasi sesuai kebutuhan dan potensi kabupaten/kota. SPNF SKB harus mampu mengoptimalkan kesempatan dan bantuan yang diberikan Pemerintah, dalam hal program, sarana prasarana, serta SDM agar SKB bisa menjadi pusat percontohan terhadap satuan-satuan PAUD Dikmas lainnya yang ada di masyarakat.

Kepala Balai berharap dalam orientasi ini Pamong Belajar punya peluang besar dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya melalui orientasi teknis pamong belajar dengan tema membangun karakter peserta didik melalui karya nyata, untuk membuat karya tulis ilmiah yang berkualitas dan dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Beberapa materi yang diberikan dalam orientasi yaitu Penguatan Pendidikan Karakter, Dasar-Dasar Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Pengembangan Topik, Tema, Judul serta Penguasaan Masalah, Metode Penulisan, dan Hal-hal yang berkaitan dalam peningkatan kompetensi dalam penulisan karya ilmiah. (Sophan)

Add comment

Security code
Refresh