Get Adobe Flash player

Fasilitasi/Asistensi Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi di BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan oleh Itjen Kemendikbud

Banjarbaru 17/09/2018, Untuk membantu BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan yang menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud yang diusulkan sebagai UPT Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (ZI-WBK), Kemendikbud mengamanahkan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud untuk melakukan pendampingan/asistensi ke setiap UPT/Satker yang di usulkan. Tim Itjen Kemendikbud yang melaksanakan pendampingan di BP-PAUD dan Dikmas Selatan yaitu Bapak Sedyo Kisworo, Sogoi Sugiarto, M. Rizky Eko Saputra. Pendampingan menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi oleh Tim Itjen berlangsung selama 3 hari, diikuti oleh Pejabat Struktural, Tim RBI BP-PAUD dan Dikmas KalSel, dan perwakilan dari unsur pamong belajar dan seksi/subbag.

Sosialisasi Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi di Lingkungan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan

Banjarbaru 17/09/2018, BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan mengadakan Sosialisasi Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (ZI-WBK) di Lingkungan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai dan karyawan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan. Bertempat di Aula 2 Ruang Belajar, Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh plh. Kepala BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, Drs. Noor Ahadi, M.Pd. Kegiatan ini bertujuan sebagai ajakan/pelibatan kepada seluruh pegawai/karyawan untuk membangun zona integritas wilayah bebas dari kuropsi (ZI-WBK) di BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan.

Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional 2018

Deli Serdang, 08/09/2018 - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada empat kabupaten/kota yang telah berhasil dalam penuntasan buta huruf pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-53, di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (08/09/2018). Empat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara; Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur; Kabupaten Bogor, Jawa Barat; dan Kota Tegal, Jawa Tengah.

"Dalam sepuluh tahun terakhir ini, Indonesia patut bersyukur karena berhasil meningkatkan keaksaraan masyarakat secara signifikan. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia telah membuktikan keberhasilannya dengan mencapai prestasi melebihi target Pendidikan Untuk Semua (PUS) yang dideklarasikan di Dakar. Oleh sebab itu, kita patut memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah berhasil menurunkan angka buta huruf secara signifikan di daerahnya," demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, di puncak peringatan HAI tersebut.

Mendikbud mengemukakan, sampai saat ini tercatat terdapat 11 provinsi yang persentase buta aksaranya masih di atas rata-rata nasional (2,07%). "Tugas untuk mengentaskan buta aksara dan membebaskan bangsa ini dari kebutaaksaraan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan terbebasnya bangsa ini dari buta aksara, maka kualitas sumber daya manusia akan semakin meningkat," tutur Mendikbud.

Dalam pengembangan masyarakat, Mendikbud mengatakan, pemerintah memberikan layanan program pendidikan keaksaraan dasar dan keaksaraan lanjutan di daerah terpadat buta aksara, daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T), dan komunitas adat terpencil/khusus. Selain itu juga pemerintah memberikan layanan melalui program "Kampung Literasi" dan "Desa Vokasi".

Sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) dan Standar Pelayanan di Lingkungan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan Tahun 2018

Banjarbaru 29/08/2018, BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) dan Standar Pelayanan di Lingkungan BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan Tahun 2018. Diikuti 46 orang peserta berasal dan unsur internal BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, 4 peserta dari lembaga mitra antara lain Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Dinas Pendidikan Kota Banjar, SPNF SKB Kota Banjarbaru, SPNF SKB Kab. Banjar. Kegiatan berlangsung dari 29-31 Agustus 2018 di aula BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh wks. Kepala BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan, Bapak Suparjo.

Perlombaan "Square Education Center Competition 2018"

Banjarbaru 29/08/2018, Dalam rangka merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, BP-PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan bermitra dengan LKP Square Education Center menyelenggarakan kegiatan lomba "Square Education Center Competition 2018". Lomba yang berlangsung dari 29-30 Agustus 2018 yang bertemakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini terdiri dari lomba Cerdas Cermat Matematika, Vocal Contest, Spelling Bee, Storytelling, Menggambar dan Mewarnai. "Square Education Center Competition 2018" diikuti dengan total 155 peserta. Kategori Lomba mewarnai diikuti oleh anak-anak PAUD, Lomba Menggambar diikuti oleh PAUD & SD (Kelas 1-3), Cerdas Cermat Matematika diikuti oleh Siswa SD (Kelas 4-6), Story telling diikuti oleh siswa SD (Kelas 4-6), Spelling Bee diikuti siswa SD (Kelas 4-6) dan SMP, Vocal Contest diikuti siswa SD (Kelas 3-6) dan SMP.